Text
Pengaruh Kualitas Informasi Produk, Keamanan Transaksi Dan Persepsi Privasi Pada Kepuasan Konsumen Bertransaksi Menggunakan E-pharmacy
Dewasa ini konsumen lebih tertarik untuk membeli produk atau jasa layanan
online yang terbilang praktis dan cepat. E-pharmacy merupakan salah satu inovasi
teknologi informasi dalam dunia kefarmasian yang mempermudah pasien dalam
membeli obat yang dibutuhkan, baik menggunakan resep maupun tidak.
Banyaknya situs website e-pharmacy yang ada saat ini dan berbagai promo serta
layanan yang ditawarkan menyebabkan kompetisi yang ketat dalam menarik
minat seseorang untuk berkunjung dan melakukan pembelian. Apabila pelanggan
merasa tidak puas terhadap transaksi belanja obat secara online yang dilakukan,
kemungkinan pelanggan untuk melakukan switching ke situs e-pharmacy lainnya
sangat besar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas informasi produk,
keamanan transaksi dan persepsi privasi terhadap kepuasan konsumen yang
bertransaksi menggunakan e-pharmacy. Penelitian ini merupakan penelitian
kuantitatif dengan menggunakan metode survey. Populasi pada penelitian ini
adalah konsumen yang pernah melakukan pembelian obat secara online melalui epharmacy
di Jabodetabek. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive
sampling dengan jumlah sampel sebanyak 143 orang yang memenuhi kriteria
inklusi. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner online yang telah diuji
validitas dan reliabilitasnya. Data dianalisis dengan menggunakan Structural
Equation Modeling (SEM).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas informasi produk berpengaruh
positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, keamanan transaksi
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, dan persepsi
privasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen
Tidak tersedia versi lain