Text
KARYA TULIS ILMIAH : TINGKAT KEPUASAN PASIEN ATAS PELAYANAN RESEP BPJS PROLANIS DI APOTEK KIMIA FARMA 382 PERIODE MARET-MEI 2022
Pelayanan kesehatan mempunyai peran penting dalam mewujudkan kesehatan
bermutu dengan Apoteker dan TTK sebagai bagian dari tenaga kesehatan yang
mempunyai tugas dan tanggung jawab dalam mewujudkan pelayanan kefarmasian
yang berkualitas di apotek. Kepuasan adalah perasaan senang atau kecewa seseorang
yang muncul setelah membandingkan antara harapan dan yang didapat atau kenyataan
suatu produk dan kepuasan merupakan fungsi persepsi atau kesan atas kinerja dan
harapan, jika kinerja melebihi harapan maka pelanggan akan merasa puas dan senang.
BPJS kesehatan berfungsi menyelenggarakan progam jaminan kesehatan kepada banyak
masyarakat dan
salah
satu
programnya
yaitu
Prolanis
(Program
Pengelolaan
Penyakit
Kronis)
adalah
suatu
sistem
pelayanan
kesehatan
dan
pendekatan
proaktif
yang
dilaksanakan
secara
integritas
yang
melibatkan
peserta
bpjs
kesehatan
yang
menderita
penyakit
kronis
untuk
mencapai
kualitas
hidup
optimal
dengan
kesehatan
yang
efektif
dan
efisien.
Penulisan
penelitian
ini
berfokus
pada
pasien
BPJS
yang
menebus
resep
di
Apotek
Kimia
Farma
382
yang
bertujuan
untuk
mengetahui
tingkat
kepuasan
pasien
terhadap
pelayanan
yang
diberikan
oleh
petugas
apotek
yang
dilihat
dari
lima
dimensi
yaitu
dimensi
kehandalan,
daya
tanggap,
jaminan,
empati
dan
berwujud.
Teknik
sampling
yang
digunakan
pada
penelitian
ini
sebanyak
93
responden
dengan
hasil
pasien
yang
terbanyak menebus resep ialah berjenis kelamin pria dengan jumlah 52 responden
dan
dengan
kriteria
usia
paling
banyak
dalam
rentang18-30
tahun.
Berdasarkan
hasil
penelitian
yang
sudah
dilakukan,
didapatkan
tingkay
kepuasan
dengan
ratarata
93,09%
(sangat
puas)
dari
kelima
dimensi
yang
diuji
yaitu
dimensi
kehandalan
sebesar
95,16%
(sangat
puas),
dimensi
ketanggapan
sebesar
92,15%
(sangat
puas),
dimensi
jaminan
sebesar 94,94%
(sangat
puas),
dimensi
empati
sebesar 93,87%
(sangat
puas)
dan
dimensi
berwujud
sebesar
89,35%
(sangat
puas).
Kepuasan
pelayanan
resep
BPJS
Prolanis di Apotek Kimia Farma 382 Depok dengan jumlah 93 responden
terbesar terdapat pada dimensi kehandalan dengan presentase 95,16%. Sedangkan
kepuasan terendah terdapat pada dimensi berwujud dengan presentase 89,35%.
Kata kunci: BPJS, Kepuasaan, Survey, Apotek, Pelayanan kefarmasian
Tidak tersedia versi lain