Text
ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI APOTEK AMANDARA DEPOK PERIODE APRIL-JUNI 2022
Kepuasan merupakan tingkat perasaan konsumen setelah membandingkan antara kinerja
dan harapan dari suatu pelayanan. Kepuasan konsumen juga dapat menjadi tolak ukur
bagi kelangsungan apotek, semakin baik pelayanan yang diberikan akan menarik
konsumen untuk menjadikan konsumen loyal. Penelitian ini merupakan penelitian
deskriptif observasional yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien
terhadap pelayanan kefarmasian di Apotek Amandara Kota Depok. Pengambilan sampel
dilakukan dengan menggunakan accidental sampling. Hasil penelitian yang diperoleh dari
penyebaran kuisioner yang dilakukan kepada 114 responden menunjukkan bahwa tingkat
kepuasan pasien yang tertinggi dengan persentase 89% yaitu bahasa yang digunakan
petugas farmasi mudah dimengerti dan kepuasan pasien yang terendah dengan persentase
83% yaitu cara penyimpanan obat. Hal ini menunjukkan bahwa pasien sangat puas
terhadap pelayanan di Apotek Amandara.
Kata kunci : Tingkat Kepuasan Pasien, Pelayanan Kefarmasian, Apotek
Tidak tersedia versi lain