Text
KARYA TULIS ILMIAH : ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI APOTEK KIMIA FARMA TAMAN PALEM
Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis gambaran
tingkat kepuasaan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Apotek Kimia Farma
Taman Palem berdasarkan empat indikator yaitu kelengkapan obat dan alat
kesehatan, waktu tunggu resep, keramahan petugas apotek, kenyamanan bangunan
dan fasilitas Apotek. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian
deskriptif menggunakan pendekatan kuantitatif penelitian ini tentang Analisis
Tingkat Kepuasaan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek Kimia Farma
Taman Palem. Metode deskriptif dilakukan dengan tujuan utama untuk membuat
gambaran atau deskriptif tentang suatu keadaan secara objektif, sedangkan penelitian
kuantitatif dapat diartikan sebagai metode penelitian yang berlandaskan pada
realitas, gejala, fenomena itu dapat diklasifikasi relative tetap, konkrit terukur,
teramati dan hubungan gejala bersifat sebab akibat. Hasil penelitian yang dilakukan
berdasarkan empat indikator yaitu kelengkapan obat dan alat kesehatan (67,0%)
dengan kategori puas, waktu tunggu resep (77,5%) dengan kategori puas, keramahan
petugas di Apotek (85,8%) dengan kategori sangat puas, fasilitas di apotek (94,0%)
dengan kategori sangat puas. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa
pasien merasa sangat puas terhadap pelayanan kefarmasian di Apotek Kimia Farma
Taman Palem.
Kata Kunci : Tujuan Penelitian, Kepuasan, deskriptif kuantitatif
Tidak tersedia versi lain