Text
KARYA TULIS ILMIAH : KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI NMW KLINIK DEPOK
(A) FAZHRINA CAHYANI (2019135001)
(B) KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI
KLINIK NMW DEPOK
(C) xii + 40 halaman; 5 tabel; 6 gambar; 4 lampiran
(D) Kata Kunci: Kuisioner, kepuasan pasien, pelayanan kefarmasian.
(E) Kepuasan pasien merupakan salah satu tolak ukur yang digunakan untuk
mengukur keberhasilan layanan kefarmasian. Pasien yang puas terhadap
pelayanan yang diberikan oleh pihak kefarmasian menunjukkan bahwa
pelayanan yang diberikan tersebut sesuai dengan yang diharapkan pasien atau
bahkan lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kepuasan pasien
terhadap dimensi kehandalan (reliability), ketanggapan (responsiveness),
jaminan (assurance), dan empati (empathy) dari pelayanan kefarmasian di
Instalasi Farmasi Klinik NMW Depok. Jenis penelitian ini adalah deskriptif
yaitu dengan menggunakan lembar kuesioner melalui google form sebagai
instrument penelitian kemudian dihitung persentase rata-rata kepuasan pasien
dan dikategorikan dalam range skala kepuasan. Hasil penelitian menunjukan
kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian kepuasan pasien terhadap pelayanan
kefarmasian pada 100 responden diketahui pada dimensi ketanggapan pasien
merasa puas (78%), dimensi jaminan pasien merasa puas (71%), dimensi
keandalan pasien merasa puas (74%), dimensi ketanggapan pasien merasa puas
(68%) dan dimensi empati paisen merasa puas (79%). Dari semua keseluruhan
rata-rata hasil kepuasan pasien tertinggi di Klinik NMW Depok pada dimensi
empati pasien merasa puas (79%).
(F) Daftar Rujuan: 19 buah (1997-2021)
(G) apt. Nur Miftahurrohmah, S.Si.,M.Si,
(H) 2022
Tidak tersedia versi lain