Text
KARYA TULIS ILMIAH : TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN INFORMASI OBAT DI APOTEK KIMIA FARMA CIBUBUR
Pelaksanaan standar kefarmasian yang baik akan meningkatkan kepuasan
konsumen. Hubungan tingkat kepuasan konsumen dengan standar pelayanan
informasi obat apotek dapat diukur dengan cara mengukur tingkat kepuasan
konsumen dan mengukur standar pelayanan informasi obat di apotek yang
diberikan oleh apoteker. Tujuan penelitian di Apotek Kimia Farma Cibubur
adalah untuk mengetahui karakteristik pelanggan serta mengetahui kepuasan
pelanggan agar dapat meningkatan pelayanan kefarmasian menjadi lebih baik,
metode penelitian di Apotek Kimia Farma Cibubur adalah kuantitatif
menggunakan alat berupa kuesioner. Hasil dari penelitian menunjukan
karakteristik pelanggan untuk usia terbanyak adalah pada usia 20-35 tahun (55,8%),
jenis kelamin terbanyak adalah perempuan dengan jumlah 44 (62,9%), domisili
terbanyak adalah Jakarta Timur dengan jumlah 49 (70%), dengan rata-rata tingkat
kepuasan pelanggan sebesar 299,4 (85,55%) kategori sangat puas. Berdasarkan
nilai indeks yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa konsumen di Apotek Kimia
Farma Cibubur memiliki interval penilaian sangat puas terhadap pelayanan.
Kata kunci: kepuasan, pelayanan informasi obat, karakteristik pelanggan
Tidak tersedia versi lain