Text
KARYA TULIS ILMIAH : GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI RSAU Dr. ESNAWAN ANTARIKSA
Pelayanan kefarmasian merupakan kegiatan yang bertujuan untuk
mengidentifikasi, mencegah, dan menyelesaikan masalah terkait obat. Kualitas
pelayanan untuk mengukur kepuasan pasien terdiri dari lima dimensi yaitu :
bukti langsung, kehandalan, ketanggapan, jaminan, empati. Penelitian ini
merupakan penelitian deskriptif kuantitatif untuk mengetahui tingkat kepuasan
pasien yang mendapatkan pelayanan kefarmasian di Instalasi Farmasi Rawat
Jalan RSAU Dr. Esnawan Antariksa. Pengambilan sampel dilakukan dengan
metode accidental sampling dengan kriteria umur, jenis kelamin, pekerjaan dan
pendidikan terakhir, bersedia untuk mengisi kuesioner, dapat berkomunikasi,
membaca dan menulis dengan baik. Hasil penelitian yang diperoleh dari
penyebaran kuesioner yang dilakukan kepada 70 responden menunjukkan bahwa
tingkat kepuasan pasien pada dimensi kehandalan 76% kategori puas,
ketanggapan 78,85% kategori puas, jaminan 87,14% kategori sangat puas, bukti
langsung 84,85% kategori sangat puas, empati 79,14% kategori puas.
Kesimpulan yang didapat bahwa tingkat kepuasan pasien Rawat Jalan terhadap
palayanan kefarmasian di RSAU Dr. Esnawan Antariksa pada kelima dimensi
termasuk dalam kategori sangat puas.
Kata Kunci : Pelayanan Kefarmasian, Tingkat Kepuasan, RSAU dr. Esnawan
Antariksa, Rawat Jalan, Pasien.
Tidak tersedia versi lain