CD-ROM
KARYA TULIS ILMIAH : EVALUASI [PELAYANAN INFORMASI OBAT] DI INSTALASI FARMASI RSAU dr. ESNAWAN ANTARIKSA
(A) PUTRI REZA SAGITA
(B) EVALUASI [PELAYANAN INFORMASI OBAT] DI INSTALASI FARMASI
RSAU dr. ESNAWAN ANTARIKSA.
(C) viii + 54 halaman; 10 tabel; 16 gambar; 6 lampiran
(D) kata kunci: Pelayanan Infomasi Obat, Instalasi Farmasi, Kepuasan Pasien,
Rumah Sakit, Cara Pemakaian Obat
(E) Pelayanan informasi obat didefinisikan sebagai kegiatan penyediaan dan
pemberian informasi, rekomendasi obat yang independen, akurat, komprehensif,
terkini oleh apoteker kepada pasien, masyarakat maupun pihak yang
memerlukan di rumah sakit. Pelayanan informasi obat meliputi penyediaan,
pengolahan, penyajian, dan pengawasan mutu data/informasi obat dan keputusan
profesional. Kepuasan pelanggan dalam kaitannya dengan pelayanan
kefarmasian dapat diukur berdasarkan lima dimensi yaitu kehandalan,
ketanggapan, jaminan, empati dan penampilan. Tujuan dilakukan penelitian ini
adalah untuk menilai kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian
berdasarkan dimensi kehandalan, tanggapan, jaminan, empati, dan penampilan.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif yang
menggambarkan tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan informasi obat di
Instalasi Farmasi RSAU dr. Esnawan Antariksa. Berdasarkan data penelitian
yang diperoleh bahwa jumlah pasien yang berjenis kelamin perempuan lebih
banyak. Hal ini dikarenakan perempuan lebih peduli akan kesehatan. Hasil
penelitian pasien berdasarkan umur yang paling banyak adalah 42 sampai 55
tahun yang terendah adalah kurang dari 27 tahun. Hal ini dikarenakan pasien di
RSAU dr. Esnawan Antariksa banyak berumur 42 sampai 55 tahun yang sedang
menjalani pengobatan rutin, sedangkan pasien kurang dari 27 tahun lebih sedikit.
Hasil penelitian tentang Evaluasi Pelayanan Informasi Obat di Instalasi Farmasi
RSAU dr. Esnawan Antariksa menunjukan bahwa presepsi tingkat kepuasan
terbesar pada dimensi empati (100), dimensi kehandalan (95,4%), dimensi
jaminan (94,5%), selanjutnya dimensi penampilan (94,5%), dan yang terakhir
dimensi daya tanggap (92,3%). Sehingga persentase rata-rata tingkat kepuasan
pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Instalasi Farmasi RSAU dr. Esnawan
Antariksa secara keseluruhan sebesar (95,3%) dengan klasifikasi Sangat Puas.
(F) Daftar Rujukan : 27 buah (2012 - 2022)
(G) apt. Dra. Faridah, M.Si.
(H) 2022
Tidak tersedia versi lain