CD-ROM
KARYA TULIS ILMIAH : EVALUASI PENANGANAN KELUHAN PELANGGAN DI PT. INDOFARMA GLOBAL MEDIKA
Cara Distribusi Obat yang Baik (CDOB) perlu diterapkan untuk melindungi
masyarakat dari peredaran obat dan bahan obat yang tidak memenuhi syarat aman,
khasiat, mutu. Salah satu aspek dalam CDOB untuk menjamin keamanan rantai
distribusi obat adalah penanganan keluhan produk kembalian, produk diduga palsu,
penarikan produk. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi prosedur
penanganan keluhan produk kembalian, produk diduga palsu, penarikan produk di
PT. Indofarma Global Medika dengan menggunakan metode observasional yang
bersifat deskriptif dan evaluatif. Pengumpulan data secara retrospektif dilakukan
dengan kegiatan observasi di PT. Indofarma Global Medika dan melakukan
wawancara dengan Apoteker Penanggung Jawab PBF. Hasil Penelitian menunjukkan
bahwa aspek CDOB penanganan keluhan produk kembalian, produk diduga palsu,
penarikan produk di PT. Indofarma Global Medika telah memenuhi syarat (100%).
Kata Kunci : Evaluasi, CDOB, Pedagang Besar Farmasi, Keluhan Pelanggan
Tidak tersedia versi lain