CD-ROM
KARYA TULIS ILMIAH : ANALISA WAKTU TUNGGU PELAYANAN RESEP KREDIT NON RACIKAN DI APOTEK KIMIA FARMA BINTARO PERIODE JUNI 2022
Waktu tunggu pelayanan resep mencerminkan suatu proses kerja dari tenaga farmasi
dalam melakukan pelayanan yang disesuaikan dengan situasi dan harapan pasien.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan resep obat berdasarkan
waktu tunggu di Apotek Kimia Farma 267 Bintaro pada bulan Mei tahun 2022. Metode
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif observatif yaitu
penelitian dengan melakukan pengamatan secara langsung di tempat penelitian untuk
mendapatkan data. Pengambilan sampel berupa resep kredit dari asuransi BPJS PRB,
mandiri inhealth, dan admedika dalam bentuk resep non racikan. Data yang diperoleh
dianalisis secara deskriptif menggunakan lembar observasi. Dari hasil penelitian
diperoleh data waktu tunggu pelayanan resep tanpa melihat jenis resep yaitu 10,5
menit untuk tiap resep dapat dikatakan baik, karena masih memenuhi standar
pelayanan dibidang kesehatan pelayanan farmasi tahun 2014 yaitu dibawah 15 menit
dengan rata-rata waktu tunggu resep BPJS PRB 10 menit, resep mandiri inhealth 8
menit, dan resep admedika 11,5 menit. Waktu tunggu pelayanan resep obat
berdasarkan jumlah item obat berkualitas baik dengan rata-rata jumlah item obat
terbanyak 6 dan rata-rata waktu tunggu terlama per-item yaitu 2,8 menit.
Kata Kunci: Waktu tunggu, pelayanan resep, apotek, resep non racikan
Tidak tersedia versi lain